Pengertian BSOD (Blue Screen of Death) dan solusi nya

bsod-full

BSOD merupakan pesan error di operating system Windows yang muncul karena beberapa faktor bisa hardware maupun software. Kutek akan menjabarkan beberapa jenis dan penyebab muncul nya pesan BSOD.

 

Blue Screen of Death

1. Error RAM
Blue Screen yang disebabkan RAM amat umum serta gampang dicermati. Biasanya terjadi karena ada masalah di RAM entah salah pengaturan BIOS maupun kerusakan fisik di RAM.  Ciri cirinya saat kita menjalankan aplikasi berat yang membutuhkan alokasi RAM yang besar beberapa saat kemudian layar blank dan BSOD muncul serta restart sendiri.

 

2. Bad Sector Harddisk Drive

Disebabkan ada nya Bad Sector di Harddisk sehingga system gagal meload file yang dibutuhkan. Ciri ciri nya komputer hang atau lemot dalam menjalankan program atau membuka file serta bunyi piringan harddisk itu sendiri.  Biasanya disebabkan Harddisk yang udah umur ataupun ada masalah di Harddisk.

 

3. Virus, malware, worm, trojan, dan kawan kawannya

Ini bisa terjadi karena virus mengganti file system ataupun menghapus file yang dibutuhkan sistem sehingga sistem tidak bisa mengerjakan fungsi nya dengan baik atau virus membebani processor terus terusan sehingga overheating dan BSOD.

 

4. Kesalahan pemasangan kabel connector

Lebih disebabkan rusak nya power supply sehingga mengalirkan tegangan yang tidak seharusnya ataupun kabel yang sudah rusak serta salah pasang kabel maupun ada yang lupa dipasang.

 

5. Akibat Overcloking yang berlebihan

Umum nya terjadi saat kegiatan overclocking yang salah.

 

6. Driver Conflict

Ini merupakan yang sering muncul karena ada masalah pada driver yang terinstall entah karena bentrok ataupun karena kesalahan instalasi driver.

Posting Komentar

SIlahkan sobat jika ingin bertanya atau berkomentar !
Adakalanya admin belom bisa balas komentar kamu, silahkan kontak admin di
http://kutugaptek.blogspot.com/p/kontak-saya.html
Thanks telah mampir :)

psst, langsung add LINE nya admin aja biar langsung ane bantu, thanks