Akhirnya sitelink blog ini muncul lagi

Google Sitelink

Artikel pertama di 2014 nih, hehehe. Saya mau curhat dulu nih sob mengenai sitelink.

Apa itu Sitelink ??

Sitelink merupakan kumpulan link dari satu induk link yang mengarah pada satu halaman induk tersebut yang muncul di bawah hasil pencarian Google pada suatu website.

sitelink

1. Hasil pencarian (situs atau halaman tertentu)

2. Sitelink

jadi gini sob tanggal 21 Desember saya iseng mencari blog saya di Google, betapa senang nya saat muncul anak link (sitelink) (saya lupa screenshot karena sibuk modif template).

Nah tertanggal 24 Desember sitelink hilang secara misterius, saya sangat bingung. Ternyata masalahnya saya mengubah banyak link di template sehingga menyebabkan Googlebot pusing / menganggap konten nya tidak berkualitas atau blog spam.

Setelah saya mendemote blog saya di Webmaster sitelink tersebut muncul lagi saat artikel ini dibuat.

sitelinkkutgapotek

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh9RfV9hrC-JjQenLu2S9L2tYi0pojYCuW4xvqGZX5intGUCFDHF5G3sW_n0dNoHMfxH01MRL4LdtqUXFuXDgn-sNfzfChiNSQmmEC2i70sT0iGNR1d8CN7MJXcyofYz8_h4zjn2Ebf4kg/s1600/bingung.jpg

 

Beberapa informasi mengenai sitelink bisa dilihat di bawah ini yang tulisan nya saya pinjam dari blog kumpas-ampas.blogspot.com

Apa Fungsi Sitelinks??

Fungsi sitelink dibedakan menjadi 2:

Untuk admin blog/web.

Sitelink sangat berguna admin blog atau website tersebut. Sitelink menandakan kredibilitas atau kualitas sebuah blog. Selain itu, Sitelink bisa menjadi alat tambahan trafik blog.

Untuk Pembaca.

Simak ulasan Google berikut ini.

The links shown below some of Google's search results, called sitelinks, are meant to help users navigate your site. Our systems analyze the link structure of your site to find shortcuts that will save users time and allow them to quickly find the information they're looking for.
Bunyinya kira kira seperti ini..
Sekumpulan link yang berada di bawah hasil pencarian Google, dinamakan Sitelinks, dimaksudkan untuk membantu pengguna dalam menjelajah (navigasi) situs anda. Sistem kami menganalisa struktur link dari situs anda untuk menemukan shortcut(jalan pintas) yang akan menghemat waktu si pengguna (tidak membuang waktu si pengguna) dan menjadikan mereka secara cepat dapat menemukan informasi yang mereka cari.
Jadi, intinya, Google Sitelink ditujukan agar membantu si pengguna dan menghemat waktu mereka.

Ada Lain Yang Harus Saya Ketahui??

Simak ulasan Google di bawah ini.
We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them.
At the moment, sitelinks are automated. We're always working to improve our sitelinks algorithms, and we may incorporate webmaster input in the future.
Terjemahan amatirnya kira kira seperti ini.
Kami hanya menampilkan sitelink untuk hasil pencarian dimana kami pikir mereka (sitelink) berguna bagi si pencari. Jika struktur dari situs anda tiidak sesuai dari algoritma kami dalam mencari sitelink yang bagus, atau menurut kami sitelink dari situs anda tidak relevan (sesuai) dengan  dengan query si pengguna, kami tidak akan menampilkannya.
Saat ini sitelink adalah otomatis. Kami selalu berusaha untuk meningkatkan algoritma sitelink kami ,  dan mungkin kami akan memasukkan saran (masukan) webmaster kedepannya.
Meskipun artinya dibalik sedikit biar mudah, masih ngerti kan??
Jadi sitelink adalah sekumpulan link yang Google anggap itu berguna untuk si pencari. Satu yang harus sobat tau, Sitelink itu otomatis. Artinya Google akan memberikannya otomatis jika memang menurut mereka pantas.

Bagaimana Cara Mendapatkannya??

Beragam dan bermacam cara bisa sobat coba untuk mendapatkan Google Sitelink.

1. Anchor Text. Anchor Text atau text berlink bisa jadi hal paling mudah yang bisa sobat lakukan. Pastikan link sobat tersebut relevan.

2. Alt Tag dan Duplikasi. Google sangat menyarankan alt tag sobat sangat informatif dan padat. Selain itu, pastikan blog sobat tidak terdapat pengulangan kata. Simak pernyataan mereka berikut ini .

For example, for your site's internal links, make sure you use anchor text and alt text that's informative, compact, and avoids repetition.





3. Konten. Google sitelink tidak harus selalu halaman. Sitelink bisa berupa archive jika memang tidak dinonaktifkan. Selain itu, konten berupa posting bisa juga menjadi sitelink. Biasanya konten konten atau posting yang sering dibaca pengunjung. Oleh sebab itu, sobat sebaiknya menulis konten original. Usahakan juga sobat punya posting andalan. Artinya posting yang bisa berupa fresh, atau posting yang banyak di cari pengunjung. Bisa dicoba dengan penjelasan yang detail.

4. Navigasi. Segala bentuk link yang menjadi navigasi maupun lainnya haruslah jelas dan tertata dengan baik sehingga memudahkan pengunjung dan "memudahkan" Google buat Sitelink untuk blog kita.
5. Meta tag. Meta tag yang relevan semakin meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan sitelink. Gunakan keyword yang paling dioptimasi paling pertama pada meta tag keyword. Selain itu meta tag description juga harus relevan.
6. Keyword. Terus optimasi keyword sobat, kebanyakan sitelink adalah keyword dari blog atau website tersebut.
7. SERP. Tingkatkan terus hasil SERP blog sobat, dengan konten original dan fresh ataupun dengan kiat kiat optimasi SERP lainnya.
8. Terus bersabar sampai akhirnya dapat sitelink..

 

Jadi agar sitelink tidak hilang saran saya jangan sering mengubah ubah template.

Terimakasih kunjungannya !

6 komentar

selamat deh kalau gitu..

kunjungan perdana sob, salam blogger

Reply

Oke sob..ada hubungannya sama backlink nggak ya soal sitelink ini?

Reply

selamat sob sitelinknya sudah kembali lagi,
thanks infromasinya

Reply

sama2 sob thanks udah mampur

Reply

Gan, punya saya hilang Sitelinknya gara2 saya pasang popular post karena sebelum saya pasang sitelink sudah ada atau gara2 saya 2 minggu gak update artikel ? terima kasih

Reply

Posting Komentar

SIlahkan sobat jika ingin bertanya atau berkomentar !
Adakalanya admin belom bisa balas komentar kamu, silahkan kontak admin di
http://kutugaptek.blogspot.com/p/kontak-saya.html
Thanks telah mampir :)

psst, langsung add LINE nya admin aja biar langsung ane bantu, thanks