Beberapa Handphone Nokia yang pasti dulu sobat pernah punya

Logo Nokia Jaman Dahulu

Siapa sih yg gk kenal dengan namanya Nokia, apa yg di muncul benak sobat jika mendengar kata tersebut? Pasti terbayang produk handphone sejuta umat serta banyak yang tidak tahu bahwa dulu nya dari pabrik kertas ini menjadi terkenal menjadi produsen telekomunikasi yang terkenal saat era 1990an akhir sampai 2000an awal.

Pasalnya di era itu hampir semua orang menggunakan HP Nokia, sampai-sampai dijuluki ‘hp sejuta umat’. Kalau menurut ane hal itu wajar banget mengingat Nokia selalu ngeluarin produk-produk inovatif dengan desain menarik. Mulai dari pebisnis sampai gamer dibikinin produk khususnya sama Nokia. Baik banget yaaak! Anyway, kali ini kutek mau ngebahas produk-produk legendaris keluaran perusahaan asal Finlandia ini, simak sob..

1. Nokia 3210

Nokia 3210

Buat agan yang pernah main game snake di handphone, agan harus tau bahwa Nokia tipe inilah yang jadi ‘mbah’-nya game itu. Lahir tahun 1999, Nokia 3210 jadi salah satu HP yang penjualannya paling sukses, yaitu 160 juta unit. Pada zamannya, HP ini keren karena bisa main game, antenanya udah internal, dan bisa kirim-kiriman pesan gambar misalnya tulisan “Happy Birthday” yang dihias-hias ada kue dan pitanya.

2. Nokia 3650

Nokia 3650

Dulu, HP ini sempat laris banget dan jadi HP dengan OS Symbian 60 pertama yang masuk pasar Amerika. Inovatif banget pada zamannya karena ngenalin teknologi bluetooth sehingga memungkinkan untuk berbagi foto secara cepat. Langsung deh orang-orang pada norak kirim-kiriman gambar, “Eh bluetooh dong bluetooooooth.” Yang ane heranin adalah banyak yang make HP ini padahal liat aja deh keypad-nya kan aneh banget tata letaknya, bikin susah ngetik. Penyempurnaan produk ini dikeluarin ke tipe 3620 dan 3660.

3. Nokia 7600

Nokia 7600

HP yang juga sering dibilang Nokia ketupat ini dikeluarin tahun 2003 (kebetulan nggak pas lebaran) dengan desain sangat fashionable karena target pasar utamanya adalah kalangan fashionista. Gak heran HP ini sering muncul di TV karena banyak artis yang gunain waktu itu. HP ini merupakan salah satu HP teringan dan terkecil dengan dual-band GSM dan 3G (WCDMA). Memungkinkan untuk nyimpen 29MB lagu yang bisa ditransfer lewat bluetooth atau kabel USB.

4. Nokia 1100

Nokia 1100

HP hitam-putih yang super ringan dan gak neko-neko ini dikeluarin akhir 2003 dengan pasar masyarakat menengah ke bawah. Dijual dengan harga murah dan merupakan pembantahan atas stereotip bahwa hanya kalangan menengah ke atas yang bisa punya HP. Nyatanya, berkat HP tipe ini, abang tukang bakso pun bisa punya HP. Walaupun dikeluarin di era HP dengan fitur modern (kamera, MP3, dsb), HP ini ga kalah saing. Penjualannya mencapai 250 juta unit, ngalahin penjualan Nokia 3210.

5. Nokia 6600

clip_image009

HP ‘gendut’ ini paling salah satu yang paling menonjol kalo dikantongin. Dulu pas awal-awal keluar harganya mencapai hampir 3 jutaan. Setelah diluncurkan pada 2003, kayaknya serentak semua anak-anak gaul di sekolah berlomba pengin punya HP ini. Mungkin agan termasuk salah satunya. HP ini dibuat untuk ngegantiin tipe 6310 sebagai HP kelas bisnis, kemudian disempurnakan ke tipe 6600 fold, 6600 slide, dan 6600i.

6. Nokia N-Gage

Nokia N Gage

Siapa sih yang nggak tau HP yang satu ini? HP yang jadi primadona di kalangan anak sekolah setelah kemunculannya di salah satu iklan permen cokelat. Semua anak sekolah, bukan cuma yang cowok-cowok –karena desain HP ini agak maskulin–, tapi cewek pun pada ngebet sama Nokie N-Gage (atau biasa disebut “N-Gek”). Fitur utamanya ya karena bentuknya yang mirip stick console, terus memang didesain untuk nge-game, ditambah lagi kalau nelepon harus dimiringin dan itu gaul banget pada masanya. Penyempurnaan dari tipe ini adalah N-Gage QD yang dikeluarin tahun 2004. Tapi N-Gage QD nggak keren-keren amat sih.

7. Nokia 7610

Nokia 7610

Nokia keluaran tahun 2004 ini merupakan Nokia pertama dengan kamera 1 megapiksel. Pada saat itu, kamera yang terintegrasi dengan HP dengan ukuran segitu bisa dibilang sekeren itu. Dengan desain yang ditujukan untuk mereka yang sadar fashion, HP ini memiliki aplikasi Opera browser. Gak heranlah HP ini begitu melegenda sebagai salah satu tipe HP paling inovatif, apalagi di bagian belakangnya ada sedikit cermin memanjakan yang narsis-narsis buat foto-foto dan ngaca. Ini salah satu hape yang pernah Kutek pake pada jaman SD. Game yang populer di hape ini ialah Scalextric (game balapan F1 jadul gitu).

Sobat pernah pake yang mana ?

3 komentar

Sy dl sempet pakai nokia seri 6600 hp sejuta umat hihihi lama pake itu dan trakir kalinya pake nokia setelahny ganti blackberry jadul yg bru awal2 muncul .. Nice share !

Reply

jadi kangen Ngage QD saya dulu

Reply

berapa harga 3650 pertama keluar dulu ya

Reply

Posting Komentar

SIlahkan sobat jika ingin bertanya atau berkomentar !
Adakalanya admin belom bisa balas komentar kamu, silahkan kontak admin di
http://kutugaptek.blogspot.com/p/kontak-saya.html
Thanks telah mampir :)

psst, langsung add LINE nya admin aja biar langsung ane bantu, thanks