Cara kerja Blackberry Messenger

Aplikasi chat yang sekarang sudah ada di Android dan iOS ini memang mengunggulkan keamanan chat dengan mengenkripsi pesan yang dikirim serta dengan key unik. Bagaimana cara kerjanya?







Dikutip dari merdeka.com

BlackBerry mengatakan bahwa dalam 24 jam setelah merilis BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android dan iOS, ada lebih dari 100 juta orang dari seluruh dunia yang menggunakan produk tersebut.

Memang untuk sebagian besar pengguna tidak akan mau tahu bagaimana proses kerja dari BBM itu. Namun, tidak ada salahnya untuk sedikit mengetahuinya.

Menurut gambar grafis seperti yang diunggah oleh The Globe and Mail (23/10), setelah pengguna BlackBerry mengirimkan pesan BBM-nya, maka pesan tersebut akan melewati 4 tempat terlebih dahulu sebelum akhirnya diterima oleh pihak yang dimaksud.

Pesan BBM yang dikirimkan awalnya akan diterima oleh jaringan milik operator lokal dan kemudian dikirimkan kembali dalam bentuk enkripsi ke server penampung.

Untuk sampai ke server pusatnya, maka data yang telah dienkripsi tersebut akan menggunakan jaringan internet dan harus melalui scanning firewall terlebih dahulu.

Setelah data enkripsi masuk ke server, maka data tersebut akan dikirimkan secara langsung dalam bentuk data yang telah di dekripsi ke perangkat penerima.

Oleh karenanya, terkadang akan ada kendala dalam penerimaan yang kemungkinan disebabkan banyak hal. Seperti, gangguan pada jaringan operator, masalah pada jaringan internet, server bermasalah sampai dengan masalah fisik lainnya.


Jadi menurut ane saat kita mengirim pesan ke seseorang di Contacts BBM kita, data selama di perjalanan menuju BBM seseorang akan dienkripsi dahulu dan setiap orang ada key yang unik serta identik satu sama lain. Sehingga unggul dalam masalah keamanan.

1 komentar:

Walau kadang nyebelin g bisa chat dg cepat klo pake andoid.

Reply

Posting Komentar

SIlahkan sobat jika ingin bertanya atau berkomentar !
Adakalanya admin belom bisa balas komentar kamu, silahkan kontak admin di
http://kutugaptek.blogspot.com/p/kontak-saya.html
Thanks telah mampir :)

psst, langsung add LINE nya admin aja biar langsung ane bantu, thanks